KEBIJAKAN PLAGIARISME JURNAL PENDIDIK INDONESIA

Sebagai jurnal ilmiah yang berkomitmen untuk memiliki reputasi yang baik, kami memiliki kebijakan terhadap plagiarisme untuk menjaga standar integritas akademik yang tinggi dan memastikan keaslian dari penelitian yang dipublikasikan. Plagiarisme, dalam bentuk apapun, dianggap sebagai pelanggaran etika serius dan tidak akan ditoleransi.

Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk:

  • Mencegah Plagiarisme: Kami mengharapkan penulis untuk mengirimkan karya asli yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain atau dikirimkan ke beberapa publikasi secara bersamaan. Penulis harus mengakui dan mengutip secara tepat semua sumber yang digunakan dalam penelitian mereka.
  • Mendeteksi Plagiarisme: Kami menggunakan alat dan perangkat lunak deteksi plagiarisme canggih untuk menyaring dengan teliti semua naskah yang diajukan. Ini termasuk memeriksa kesamaan dengan karya yang telah diterbitkan sebelumnya, baik di dalam jurnal kami maupun di sumber lain.
  • Mendidik Penulis: Kami berusaha untuk mendidik penulis tentang pentingnya integritas akademik dan praktik kutipan yang benar. Panduan dan instruksi kami untuk penulis secara eksplisit mengatasi masalah plagiarisme, memberikan petunjuk yang jelas tentang cara menghindarinya.
  • Menyelidiki Kasus yang Dicurigai: Jika ada dugaan plagiarisme dalam naskah yang diajukan, tim editorial kami melakukan penyelidikan menyeluruh. Ini mungkin melibatkan penggunaan perangkat lunak deteksi plagiarisme, memeriksa kesamaan dengan karya lain, dan menghubungi penulis korespondensi untuk klarifikasi atau informasi tambahan.
  • Mengambil Tindakan yang Tepat: Jika plagiarisme terdeteksi, kami akan mengambil tindakan cepat dan tepat. Ini bisa termasuk menolak naskah, menghubungi institusi atau pemberi kerja penulis, memberitahukan badan akademik atau organisasi yang relevan, serta memberlakukan sanksi atau hukuman terhadap penulis.
  • Menjaga Kerahasiaan: Selama proses penyelidikan plagiarisme, kami memastikan kerahasiaan semua pihak yang terlibat, termasuk penulis dan reviewer. Kami menangani semua kasus dengan sangat hati-hati dan profesional.

Dengan menerapkan kebijakan plagiarisme yang komprehensif, kami berkomitmen untuk menjaga standar integritas akademik yang tinggi dan mendorong penelitian yang asli dan etis. Tujuan kami adalah menciptakan lingkungan akademis di mana gagasan dan pengetahuan dapat dibagikan dan dibangun dengan kepercayaan dan integritas.