KEBIJAKAN AKSES TERBUKA JURNAL PENDIDIK INDONESIA

Semua artikel penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Pendidik Indonesia (JPI) dapat diakses secara terbuka, artinya dapat dibaca, diunduh, dan dibagikan secara bebas. Artikel-artikel ini dipublikasikan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International, yang memungkinkan penggunaan, distribusi, dan reproduksi dalam berbagai media, selama sumber asli diberi atribusi dengan tepat.

Berdasarkan definisi Publikasi Akses Terbuka yang diberikan dalam Pernyataan Bethesda tentang Publikasi Akses Terbuka, terdapat dua kondisi dipenuhi oleh Jurnal Pendidik Indonesia. Pertama, penulis dan pemegang hak cipta memberikan semua pengguna hak akses, salinan, penggunaan, distribusi, transmisi, dan tampilan publikasi secara gratis, tanpa batas waktu dan dapat dicabut, secara global. Pengguna juga diperbolehkan untuk membuat dan mendistribusikan karya turunan dalam bentuk digital untuk tujuan yang bertanggung jawab, namun tetap mencantumkan atribusi terhadap penulis. Selain itu, mereka berhak membuat beberapa salinan cetak untuk penggunaan pribadi.

Kedua, versi lengkap publikasi, beserta semua materi tambahan termasuk izin yang disebutkan, disimpan dalam format elektronik standar yang sesuai segera setelah publikasi awal. Penyimpanan ini dilakukan di setidaknya satu repositori online yang didukung oleh institusi akademik, perkumpulan ilmiah, lembaga pemerintah, atau organisasi yang sudah mapan dan berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka, distribusi tanpa batas, interoperabilitas, dan pengarsipan jangka panjang.