PETUNJUK PENULIS JURNAL PENDIDIK INDONESIA

Persiapan Pengajuan Artikel Pada Jurnal Pendidik Indonesia

Sebagai bagian dari proses sebelum mengirimkan artikel ke Jurnal Pendidik Indonesia, penulis diharapkan untuk memeriksa kelengkapan bagian-bagian di bawah ini. Jika tidak memenuhi persyaratan, pengajuan akan dikembalikan kepada penulis.

Artikel memenuhi kriteria fokus dan cakupan Jurnal Pendidik Indonesia yaitu:

  • Artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak dalam pengajuan pada jurnal lain.
  • File pengajuan berbentuk dokumen Microsoft Word (Format Docx).
  • Jika ada, sertakan URL untuk setiap referensi.
  • Teks berjarak 1,15 spasi; menggunakan jenis huruf Garamond; ukuran font 12 poin; menggunakan format miring (italics) untuk penekanan dan bahasa asing (kecuali pada alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada posisi yang sesuai, bukan di akhir.
  • Tabel dan gambar memenuhi kriteria yang ditetapkan dalam panduan penulisan artikel.
  • Periksa tingkat kemiripan (plagiarisme) menggunakan perangkat lunak dengan batas maksimum 20%. Dianjurkan untuk menggunakan program Mendeley dan Zotero dalam mengatur kutipan dan referensi.
  • Teks mengikuti tata gaya dan persyaratan bibliografi yang diuraikan dalam Panduan Penulis.
Proses Editorial dan Publikasi Jurnal Pendidik Indonesia
 
 
Kriteria Umum Struktur Naskah Artikel

Artikel memenuhi kriteria fokus dan cakupan Jurnal Pendidik Indonesia:

  • Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, diletakkan di bawah judul artikel. Semua nama penulis dilengkapi dengan alamat surel atau alamat surel penulis yang bertanggung jawab atas artikel.
  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan Inggris dalam format esai.
  • Sistematika hasil penelitian: judul artikel, nama penulis, nama lembaga, alamat surel, abstrak (dari 125 hingga 250 kata yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian), kata kunci, pendahuluan (berisi latar belakang, sedikit tinjauan literatur, dan tujuan), metode penelitian, hasil penelitian dan diskusi, kesimpulan dan saran, referensi (berisi referensi yang dirujuk).
  • Sumber referensi sebaiknya, sejauh mungkin, berasal dari 10 tahun terakhir. Referensi yang diutamakan adalah sumber primer berupa artikel penelitian di jurnal atau majalah ilmiah.
  • Kutipan dan daftar pustaka mengikuti gaya American Psychological Association (APA). Dianjurkan untuk menggunakan aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley atau Zotero.
  • Semua teks akan ditinjau oleh editor ahli sesuai dengan bidang keahliannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) pada teks berdasarkan rekomendasi atau saran dari editor.
  • Keputusan untuk menerbitkan atau menolak naskah akan diberikan secara daring melalui OJS.
  • Semua hal yang menyangkut lisensi sitiran atau penggunaan perangkat lunak komputer untuk membuat naskah oleh penulis artikel, beserta konsekuensi hukum yang mungkin timbul akibatnya, adalah tanggung jawab penulis artikel.
  • Artikel yang diterima akan diterbitkan di alamat https://jurnalpendidikindonesia.com/index.php/jpi
  • Setelah mengajukan, harap konfirmasi melalui WhatsApp dengan mengklik tautan atau mengirim secara manual ke nomor 085278099389.
Struktur Naskah Jurnal Pendidik Indonesia:
  1. Judul: Judul harus menggambarkan isi makalah tanpa akronim atau singkatan. Maksimum 15 kata.
  2. Abstrak: Abstrak harus kurang dari 200 kata; tanpa kutipan. Bagian Abstrak harus mencakup tujuan penelitian, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Berikan abstrak dalam versi bahasa Indonesia dan Inggris.
  3. Pendahuluan: Bagian ini menjelaskan latar belakang studi, keadaan terkini, analisis celah, dan kebaruan, masalah penelitian, solusi, dan tujuan penelitian.
  4. Metode: Bagian ini menjelaskan desain penelitian atau prosedur, subjek, lokasi, desain eksperimen atau desain yang digunakan, teknik sampel (jika ada), sampel yang digunakan harus spesifik dan jelas dalam jumlah, variabel yang akan diukur, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  5. Hasil dan Pembahasan: Bagian ini menjelaskan hasil penelitian secara jelas dan ringkas. Penulis harus menjelajahi kebaruan, dampak, atau kontribusi dari karya tersebut terhadap literatur terkait.
  6. Kesimpulan dan Saran: Kesimpulan harus merupakan jawaban atas pertanyaan atau tujuan penelitian dan disajikan dalam bentuk paragraf. Kesimpulan tidak mengulang hasil dan diskusi. Saran menyajikan hal-hal terkait penelitian ini atau apa yang akan dilakukan untuk mengembangkan ide dari penelitian tersebut.
  7. Pengakuan/ Ucapan Terimakasih (jika ada): Bagian ini mencantumkan apresiasi kepada pihak-pihak yang memberikan dukungan atau kontribusi dalam penelitian.
  8. Referensi: Referensi harus mencantumkan minimal 12 referensi utama dengan lebih dari 80% (>50%) dari jurnal ilmiah yang terpercaya dengan DOI atau URL mereka. Referensi tidak boleh lebih dari 10 tahun terakhir. Penggunaan manajer referensi seperti Mendeley, Zotero, dan lainnya dianjurkan.

Pastikan struktur naskah tersebut mengikuti urutan yang logis dan sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah. Juga, perhatikan untuk menyajikan informasi dengan jelas dan ringkas. Semoga sukses dalam penelitian dan publikasi Anda.